Diapresiasi Eks Ketua FWP, Penyerahan Tabung Oksigen Hasil Sitaan Polri ke Pemprov DKI

Eks Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) Gardi Gazarin, S.H. (Foto: Istimewa)

Jakarta, infopers.com – Sangat bijaksana, ungkapan yang tidak berlebihan jika ditujukan pada keputusan yang diambil Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sehingga patut ditiru para Kapolda lainnya. Ratusan tabung oksigen hasil sitaan dari kasus pengungkapan penimbunan tabung oksigen diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk kepentingan pasien Covid-19.

Kebijakan yang diterapkan Irjen Fadil Imran diapresiasi banyak pihak, salah satunya Eks Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) Gardi Gazarin.

Dikatakan pria pensiunan Harian Umum Suara Pembaruan ini kebijakan yang diambil orang nomor satu di Polda Metro itu demi menyelamatkan nyawa banyak orang dalam kondisi pandemi Covid-19.Saat ini banyak warga Jakarta sangat membutuhkan oksigen akibat Covid-19. Bahkan belakangan sejumlah rumah sakit di Jakarta kekurangan tabung dan oksigen.

“Kebijakan yang diambil Irjen Fadil Imran patut kita apresiasi. Ini demi keselamatan nyawa anak manusia dan patut ditiru kapolda lainnya. Sekarang dalam kondisi darurat, apalagi kebijakan yang diambil untuk kepentingan nyawa banyak orang, patut didukung,” jelas Gardi, Selasa (27/7/2021).

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, sebanyak 138 tabung oksigen dari berbagai ukuran merupakan barang bukti dari hasil pengungkapan kasus penimbunan dan penjualan di atas harga eceran tertinggi (HET) yang sebelumnya diungkap Polres Metro Jakarta Pusat.

“Penyerahan tabung oksigen pagi hari ini merupakan hasil pengungkapan Polres Jakarta Pusat kepada Pemprov DKI Jakarta. Polres Jakarta Pusat berhasil menemukan indikasi penyalahgunaan mekanisme importasi dengan modus operandinya memalsukan jenis barang,” kata Kapolda Irjen Fadil Imran dalam acara penyerahan tabung oksigen kepada Gubernur DKI Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Dijelaskan Irjen Fadil, dari total 166 tabung oksigen yang diamankan, hanya 138 yang diserahkan karena telah memenuhi syarat dari Kementerian Kesehatan. Dalam hal ini, barang bukti tabung diganti dengan barang bukti lain untuk proses kasus lebih lanjut.

“Dari 166 yang disita dari pelaku, ada 138 tabung oksigen yang sudah dilakukan survei dan penelitian oleh teman-teman Kemenkes dan layak dimanfaatkan di faskes. Namun agar formalnya terpenuhi, barang bukti sudah dilakukan penyisihan dan sudah dibuatkan berita acara barang bukti pengganti. Kita sudah lelang dan PT BNI bersedia membeli kemudian kita serahkan ke Polda Metro dan diserahkan ke Gubernur DKI,” ucap dia.

Fadil berharap, ratusan tabung oksigen yang diserahkan hari ini, dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat bagi pasien Covid-19. “Semoga ini semua bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ujarnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *