Kripto Tidak Hanya sebagai Aset karena Digunakan Juga untuk Alat Bayar

Oleh: Pemerhati Teknologi Digital, Wahyu Saptian Dyfrig

Infopers.com – Cryptocurrency atau aset kripto merupakan instrumen investasi yang kini populer di kalangan investor. Pada dasarnya, cryptocurrency merupakan aset digital yang memanfaatkan teknologi rantai-blok atau blockchain.

Keamanan aset ini dilindungi dengan cryptography. Banyak dari mata uang kripto merupakan jaringan yang terdesentralisasi menggunakan teknologi blockchain. Blockchain pada dasarnya adalah sekumpulan blok yang terhubung atau buku besar yang “ditegakkan” oleh jaringan komputer yang berbeda.

Ini memungkinkan mata uang kripto terdistribusi terbuka dengan mencatat transaksi dalam kode. Tidak semua situs e-niaga mengizinkan pembelian menggunakan cryptocurrency.

Faktanya, cryptocurrency bahkan yang populer seperti Bitcoin, hampir tidak digunakan untuk transaksi ritel. Namun, nilai mata uang kripto yang meroket membuatnya populer sebagai instrumen perdagangan. Sampai batas tertentu, mereka juga digunakan untuk transfer lintas batas.

Dilansir dari Forbes, berbeda dengan mata uang resmi milik negara, tidak ada otoritas pusat yang mengelola dan memelihara nilai mata uang kripto. Semuanya didistribusikan secara luas di antara pengguna mata uang kripto melalui internet.

Kripto bukan hanya alat investasi karena kripto harus berguna sebagai alat pembayaran di kemudian hari. Di pasar modal, bursa melihat teknologi blockchain itu sangat berguna lantaran bisa melakukan efisiensi hingga otentifikasi yang sangat luar biasa. Namun, tetap harus diwaspadai karena teknologi ini cukup baru di Indonesia khususnya.

Sebelum memahami mangsa pasar demi meraup keuntungan masyarakat hendaknya memisahkan ini teknologi atau produk dari teknologi. Teknologi bebas nilai, siapapun bisa membuat. Yang perlu diperhatikan, siapa yang menerbitkan siapa, bagaimana diperdagangkan, bagaimana pengawasannya, siapa saja yang bisa gunakan.

Bitcoint bisa mencapai angka yang fantastis beberapa waktu lalu bahkan hingga saat ini karena Penggunaan Bitcoin memudahkan transaksi internasional, oleh sebab itu tidak diperlukan lagi diskusi untuk menentukan mata uang mana yang akan digunakan ataupun kurs mana yang akan digunakan dalam transaksi. *

Baca Juga  Viral !!! "Hanan Fauzi Oris Santo" Memberi Dukungan, & Apresiasi Penuh Kepada Chong Sung Kim, S.H., M.H Caleg DPR RI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *