Polda Metro Himbau Agar Tak Pakai Calo Tes Covid-19, Polsek Senen Perketat Penjagaan di Stasiun Senen

INFO’PERS

Pihak Polsek Senen saat Berjaga 
di Stasiun Senen,(Foto;Ist)

Jakarta,(www.infopers.com) – Akibat penangkapan terduga ‘calo’ yang menawarkan jasa pengantaran rapid test di sekitar pintu masuk Stasiun Pasar Senen, polisi memperketat penjagaan.

Polisi mengimbau agar masyarakat tidak lagi menggunakan jasa-jasa semacam itu.
“Masyarakat jangan lagi coba-coba pakai jasa calo dan polisi akan perketat pengawasan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Minggu (20/12/2020).

Selain itu, Yusri meminta para petugas yang bekerja di stasiun hingga bandara lebih teliti berkaitan dengan pengecekan surat-surat tes COVID-19. Pemeriksaan terkait dokumen itu diharapkan lebih ketat.

“Supaya petugas-petugas di stasiun, bandara, dan lain-lain lebih teliti untuk periksa dokumen perjalanan, dalam hal ini surat bebas COVID-19,” sambung Yusri.

Sebelumnya, polisi menangkap tiga orang yang diduga sebagai ‘calo’ yang menawarkan jasa pengantaran rapid test di sekitar pintu masuk Stasiun Pasar Senen. Barang bukti yang diamankan berupa uang tunai.

“Petugas gabungan Polres Jakpus dan Polsek Senen telah mengamankan pelaku calo yang menawarkan hasil rapid test di Stasiun Senen,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada wartawan, Minggu (20/12/2020/dilansir dari detiknews)

Ketiga terduga ‘calo’ itu ditangkap dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB. Mereka berinisial AS, LY, dan HS. Dari tangan AS, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 100 ribu dan dari LY didapati uang tunai Rp 42 ribu.

Para terduga ‘calo’ itu saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polres Jakarta Pusat. Polisi menyebut para terduga pelaku menawarkan hasil rapid test untuk para calon penumpang kereta api.

Diketahui sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengaku akan menindak para calo itu. Fadil menyampaikan hal itu setelah mengetahui ramainya calo rapid test di sekitar pintu masuk Stasiun Senen yang informasinya tersebar di media sosial.

Baca Juga  Geruduk KPK, Riau Corruption Watch Laporkan Mafia Lahan di BP Batam ke KPK

“Saya tertibkan,” kata Fadil.

Penjelasan PT KAI

Sementara itu, pada Sabtu (19/12), Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan tidak ada calo di dalam area stasiun. Namun untuk tindak lanjutnya, Eva mengaku berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penelusuran.

“PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan tidak ada calo surat kesehatan yang berkeliaran di dalam Stasiun Pasar Senen. Proses pemeriksaan berkas kesehatan penumpang dilakukan petugas dengan penuh ketelitian serta mengecek keabsahan berkas,” kata Eva.

“Terkait informasi adanya pihak lain di luar area stasiun yang menawarkan jasa kepada calon penumpang agar menuju klinik tertentu untuk melakukan rapid atau pemeriksaan kesehatan atau mendapat surat kesehatan, Daop 1 Jakarta telah melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang agar dapat melakukan tindak lanjut penelusuran,” imbuhnya.

Eva memberikan penjelasan bahwa penumpang bisa menentukan lokasi melaksanakan rapid test sebagai syarat menggunakan kereta api. Rapid test antibodi tak harus dilaksanakan di stasiun.(*)

Editor:B L S/detik.com/ Foto:Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *