PELATIHAN PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN GOOGLE FORM BAGI ANGGOTA KELOMPOK PKK RW KELURAHAN CIBUBUR KECAMAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

 

PELATIHAN PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN GOOGLE FORM BAGI ANGGOTA KELOMPOK PKK RW KELURAHAN CIBUBUR KECAMAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

 

Oleh:
ADIKA MAY SARI, S.T, M.KOM (201102145)
LITA SARI MARITA, M.KOM (200109663)
HANDINI WIDYASTUTI, M.KOM (201108560)
HARSIH RIANTO, M.KOM (201104383)
DELLA SANIA NOVTRISIA RAMADHANI (19211240)
HILMIAH (19210307)

 

SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK DAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
AGUSTUS 2023

PELATIHAN PENGUMPULAN DATA PKK MENGGUNAKAN GOOGLE FORM BAGI PENGURUS PKK RW KELURAHAN CIBUBUR

 

 

Pada era saat ini, teknologi telah berkembang pesat, mendorong seluruh masyarakat untuk secara responsif beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kemajuan dalam bidang ilmu teknologi, sosial, dan ekonomi sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kepemahaman tentang teknologi bagi pengurus PKK RW Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Kota Jakarta Timur tidak membutuhkan keterampilan yang kompleks, tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menguasai perangkat Smartphone yang sehari-hari dipergunakan. Contoh aplikasi yang dapat dipegunakan adalah Google For Education yang dapat membatu mempermudah pengumpulan data menggunakan Google Form.

 

Pengumpulan data saat ini dapat dengan mudah menggunakan perangkat Smartphone yang sudah dimiliki, namun kurangnya pemahaman dan penggunaan aplikasi menjadikan masalah tersendiri bagi para pengurus PKK Kelurahan Cibubur. Pada kesempatan ini, para dosen dari Fakultas Teknologi dan Informasi (FTI) szx,,bdi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan program pengabdian masyarakat bekerjasama dengan PKK RW Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, pada Minggu 14 Mei 2023 dengan tema Pelatihan Pengumpulan data PKK menggunakan Google Form Bagi Pengurus PKK RW Cibubur.

 

Acara yang berlokasi di Jl. Lapangan Tembak RT.05 RW.02 No.1 Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Jakarta Timur ini dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat, yaitu Adika May Sari. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Harsih Rianto, yang menjelaskan mengenai langkah-langkah pembuatan tampilan form menggunakan Google Form, serta pengolahan hasil data responden.

Baca Juga  Relawan Anies Andika Ganjar (RAAGA) Resmi Rapat Perdana Pra Deklarasi

 

Pada saat penjelasan mengenai cara pengumpulan data menggunakan Google Form, Harsih Rianto juga memberikan cara-cara agar form bisa membantu dalam pengolahan data menjadi lebih mudah dan cepat menggunakan smartphone yang dimiliki peserta. Salah satunya adalah dengan menampilkan tata letak form yang menarik, dan juga menggunakan desain form yang cantik. Harsih mengatakan, “Penggunaan tata letak pertanyaan yang mudah dipahamin responden akan memudahkan pengisian data menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan”.

 

Acara sangat membantu kami dalam menyiapkan dan mengolah data PKK RW menjadi lebih cepat serta membantu para pengurus untuk lebih cepat dalam beradaptasi terutama pemanfaatan smartphone yang dimiliki kata ibu Muhanah. Menurut beliau masih kurangnya pemahaman dan pemanfaata penggunaan smartphone dialami ibu-ibu pengurus PKK karena kemajuan teknologi yang sangat cepat. Sedangkan kebutuhan pengolahan data yang selalu diminta oleh kelurahan ataupun kecamatan juga dibutuhkan kecepatan dan ketelitian dalam mengolahnya.

 

Setelah penyampaian materi yang diberikan oleh bapak Harsih Rianto selesai, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi singkat mengenai pengolahan data PKK yang selama ini sudah dilakukan. Dilanjutkan dengan pemberian cindera mata berupa plakat Kerjasama pengadian masyarakat serta berfoto Bersama.

 

Gambar 1 Sambutan Ibu Muhanah Ketua PKK RW Kelurahan Cibubur

 

Gambar 2 Sambutan Koordinator PM (Bapak Dr. Agus Priadi, M.Pd)

 

Gambar 3 Penyampaian Materi oleh Tutor

 

 

Gambar 4 Pertanyaan Peserta dalam dikusi Tanja Jawab Materi

 

Gambar 5 Pemberian Souvenir ke Mitra

 

 

Gambar 6 Foto Bersama Mitra dan Panitia Pengabdian Masyarakat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *