Irvannanda (Ketum ATIOS): ATIOS Mendukung Penuh Agenda dan Program ASEAN Youth Summit 2023

Irvannanda (Ketum ATIOS): ATIOS Mendukung Penuh Agenda dan Program ASEAN Youth Summit 2023

 

Jakarta, Infopers.com

 

 

 

Dalam rangka aktivasi kanal komunikasi dan informasi bagi publik terkait pelaksanaan ASEAN Youth Agenda, Indonesian Youth Diplomacy sebagai organisasi kepemudaan mengadakan ASEAN+ Youth Summit 2023 di Jakarta Concert Hall INews Tower pada hari Kamis, 7 September 2023. Adapun pembukaan ASEAN+ Youth Summit 2023 dilakukan dengan menyalakan obor secara virtual oleh Dito Ariotedja (Menpora) bersama Michael Victor Sianipar (Ketua Indonesia Youth Diplomacy/IYD), Rorian Pratyaksa (Co-Chair ASEAN Youth Agenda) dan perwakilan AYA lainnya.

Irvannanda sebagai Ketum ATIOS saat ditemui awak media online mengatakan; “Kami dari ATIOS saat ini menjadi bagian Community Partner di acara ASEAN Youth Summit 2023, salah satu topik yang diambil dari ASEAN Indonesian Youth Summit saat ini adalah literasi digital dimana ATIOS ini bergerak dibidang teknologi digital dan kami juga fokus tentang IT Security dimana kita membangun kesadaran keamanan siber bagi kalangan milenial khususnya di Indonesia, kami disini ingin berjejaring atau berjaring dan berkomunikasi dengan komunitas-komunitas ASEAN yang hadir di acara ini.

Khususnya di KTT ASEAN ini pemerintah Indonesia, di setiap event dan forum membicarakan Artificial Inteligent (AI). Memang AI itu sendiri menjadi sebuah katalis perkembangan transformasi digital saat ini. Di KTT ASEAN khususnya di ASEAN Youth Summit ini dibahas bagaimana peran anak muda dengan memanfaatkan AI tersebut. Artinya AI itu menjadi suatu tools yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan. Jangan sampai isu yang mengatakan AI bisa mendegradasi manusia dalam hal pekerjaan, justru AI juga dapat membuat bidang-bidang baru yang mana manusianya sebagai SDM operasional dan operatornya harus bisa memanfaatkan AI tersebut.

Baca Juga  Hufron SH Dampingi 112 Konsumen Puri City Lapor ke Polda Jatim, Terkait Dugaan Penipuan, Penggelapan dan Pencucian Uang

Kita ATIOS sendiri sudah bekerjasama dengan Deputi Kebangsaan LEMHANAS berbicara tentang ketahanan siber berkaitan dengan ketahanan nasional. Kegiatan yang kami buat aktualisasinya adalah seperti webinar, workshop dan pelatihan keamanan siber. Baik itu di akademis, perusahaan, komunitas dan pemerintah. Jadi kami kampanyekan sekarang cyber security awarness. Bagaimana kita sadar tentang keamanan siber tersebut.

Kalau untuk menghadapi serangan siber sebenarnya literasi informasi sudah banyak. Kita harapkan teman-teman sadar keamanan data pribadi. Misalnya baru-baru ini berita website DPR dan Youtube DPR diserang hacker. Langkah-langkah sederhana sekedar tips, akun kita itu bagaimana membuat kombinasi password yang aman. Kombinasi angka, huruf dan simbol. Kemudian standard berapa kategori dan sekarang ada yang namanya authentichacy 2 faktor yaitu verivikasi 2 langkah setiap akun sosial media kita. WA dan Instagram itu kita aktifkan. Itu menambah kekuatan keamanan atau tingkat security dari device ataupun sosial media kita.

ASEAN Youth Summit ini merupakan agenda besar dari beberapa negara ASEAN. Harapannya tentu Indonesia menjadi pionir tentang keamanan siber ini. Data membuktikan mengenai internet Indonesia itu didunia terbesar ke-4. Itu menjadi sebuah potensi bagi kita bagaimana perkembangan dunia digital ini juga disikapi dan sadar tentang keamanan siber. Pengaplikasian itu sejalan juga dengan resiko-resiko yang akan muncul di dunia siber. Ini yang kita bangun kesadaran bersama, Indonesia diharapkan bisa menjadi pioneer terutama anak-anak muda,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *