H.Bustan Pinrang : Partai UKM Akan Memperjuangkan Perempuan

Jakarta, Infopers – H.Bustan Pinrang Pendiri dan Ketua Umum Partai UKM saat ditemui di Jl.Slamet Riyadi Jakarta Timur mengatakan Partai UKM akan mengangkat perempuan yang  kadang dianggap kelas nomer dua atau lebih rendah dari laki-laki. Praktek budaya seperti ini namanya budaya patriarki dan masih berkembang di masyarakat.

Atas dasar inilah Partai UKM akan “memperjuangkan hak perempuan, agar memiliki hak dan akses yang sama dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik dan hukum”, ujarnya  di Jakarta (21/4/2021).

Partai UKM mengakomodasi dan memasukkan kepengurusan 50 persen perempuan di setiap tingkatan. Baik di DPP, DPW, DPD dan DPC. Bahkan dari 13 Organisasi Sayap dan Massa Partai UKM ada 7 orang Ketua Umumnya adalah perempuan.

Partai UKM memandang apabila perempuan diberikan peluang yang sama, maka tidak ada beda antara laki-laki dan perempuan. Tentu yang membedakan hanyalah masalah gender, jenis kelamin dan alat reproduksi.

Partai UKM juga merupakan satu-satu Partai Politik yang memasukkan kalangan disabilitas sebagai basis politik dan kader politik. Budaya dan sistem yang menganggap rendah atau kelas berbeda terhadap disabilitas harus dilawan secara sistem, sosial, budaya, ekonomi, politik dan hukum.

Partai UKM memasukkan kata perempuan dan disabilitas di dalam lirik lagu Mars Partai UKM. Bahkan, memasukkan kalangan perempuan dan disabilitas di dalam Mukadimah/Platform Perjuangan Partai UKM.

“Partai UKM juga memasukkan kalangan perempuan 50 persen dan kalangan disabilitas 10 persen di kepengurusan, dan kedepan akan mencalonkan kader-kader perempuan dan disabilitas atau difable menjadi Calon di Legislatif dan Eksekutif”,terangnya.

 

Dalam Garis Besar Perjuangan Partai UKM, ada Keadilan Sosial, Kesetaraan Ekonomi, Persamaan Hak dan Penegakan Hukum yang kami peruntukkan bagi perempuan dan disabilitas. Hal ini menjadi dasar Partai UKM untuk memperjuangkan kalangan perempuan dan disabilitas agar memiliki hak yang sama sebagai warga negara.

Baca Juga  Aksi Massa ini Mendesak KEJAGUNG RI Untuk Menangkap Dirut PT. PKS

” Walaupun  Partai UKM adalah partai politik baru, jangan pernah patah arang dan minder. Sebab bagi Partai UKM yang terbiasa kadernya terlibat dalam kegiatan ekonomi dan bisnis, menjadikan kelemahan sebagai dan tantangan, dari Hero to Zero”,pungkasnya. (Ria Kasim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *