PKBM HSPG Gelar Kegiatan Outing Class ke DPRD Kota Tangsel,  Berikut Penjelasan Tika D.Pangastuti 

Foto :Ayu Putri (Kiri) dan Tika D Pangastuti (Kanan) saat di DPRD Kota Tangsel, Ist

INFO’PERS

( Foto : Istimewa )

Tangerang Selatan  – Dalam rangka pengenalan wawasan Demokrasi sebagai bentuk praktik program profil pelajar Pancasila sejumlah siswa/I PKBM HSPG BSD-Tangerang Selatan melakukan outing class ke Kantor DPRD Kota Tangerang Selatan pada Kamis, 15 Desember 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada peserta didik tentang bagaimana lingkungan DPRD kota Tangerang Selatan dan menerapkan praktik Demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sebanyak 30 peserta termasuk perwakilan orang tua siswa turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini di bimbing langsung oleh Ibu Putri Ayu Anisya, S.H., sebagai anggota DPRD kota Tangerang Selatan.

Menurut Putri Ayu kegiatan ini sangat bermanfaat, karena melibatkan interaksi siswa PKBM yang menurutnya lagi hal ini sangat luar biasa dalam memahami konsep demokrasi Pancasila dan bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, Inti materi juga turut dijelaskan Putri Ayu tentang bagaimana peran dan fungsi anggota DPRD dalam menjalankan tugas-tugasnya dan bagaimana peran pelajar dalam membangun cita-cita untuk mengisi kemerdekaan.

Selain itu para siswa dan tutor juga dilibatkan secara aktif melalui dialog mengenai bagaimana sistem aspirasi berjalan ditengah masyarakat.

Tampak Foto bersama saat gelar kegiatan Outing Class ke DPRD Kota Tangsel

Selain itu, menurut Tika D. Pangastuti, S.S., selaku Kepala PKBM HSPG yang juga sekaligus Ketua Relawan Teman Ibu Kawan Anak Nusantara (R-TIKA) menyatakan kegiatan ini pertama kalinya bagi siswa PKBM HSPG berkunjung ke DPRD kota Tangsel.

“Dan itu suatu kehormatan bagi kami khususnya dalam rangka menggali wawasan siswa secara langsung tentang praktik Demokrasi Pancasila yang dikemas dalam praktek profil pelajar Pancasila. Kita berharap peserta didik dapat memiliki semangat juang dalam belajar untuk menggapai cita-cita,” pungkas Tika D.Pangastuti.

Baca Juga  Pemerhati Pendidikan Meminta Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Memberikan Perhatian Terhadap SMP Yapis Merauke

Lanjutnya lagi menjelaskan, bahwa Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain; Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Mandiri, Bergotong-royong, Berkebhinekaan global, Bernalar kritis dan Kreatif,” tandasnya menjelaskan.(**)

Redaksi Media : IPRI/ www.infopers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *