Obituari Hendra Usmaya: Wartawan Senior yang Menghargai Junior dan Tak Pelit Berbagi Ilmu

Hendra Usmaya dalam kenangan. (Foto: dokpri)

Jakarta, infopers.com – Sedih dan merasa kehilangan. Sesungguhnya dua hal itu yang kini menghiasi dunia kewartawanan Ibu Kota, khususnya di lingkungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya maupun Polda Metro Jaya, yang diketahui menjadi “rumah” bagi seorang jurnalis senior Hendra Usmaya. Sosok insan pers yang khas dengan ubannya ini dikabarkan meninggal dunia.

Kabar wafatnya Kang Hendra, demikian ia biasa disapa, disampaikan oleh sejumlah wartawan dalam keterangan tertulis di beberapa Grup WhatsApp kalangan pewarta.

“Berita duka: Inalillahi Wainailaihi Rojiun. Telah meninggal dunia saudara, kawan dan sahabat kita Hendra Usmaya, Minggu (25/7/2021) malam di RSUD Tarakan Jakarta Pusat. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di Sisi Tuhan. Amin,” kata Sadono Priyo, wartawan suarakarya.id yang juga sahabat dekat almarhum.

Di mata Sadono yang kerap menyapa almarhum dengan panggilan ‘KH’ ini, sosok almarhum ialah pribadi yang ramah dan santun.

“Kenal KH sejak 1998. Dia redaktur di Sinar Pagi (Manajemen Bakrie). Dia jago dalam menulis  dan analisis tentang kriminalitas. Karenanya saya berteman sekaligus berguru bersama dia. Sebagai senior, KH juga menghargai junior,” ujarnya.

Yang selalu teringat di benaknya soal almarhum yakni senantiasa tulus dalam membagi pengetahuan dan mendorong para juniornya untuk terus berkembang.

“Tidak pelit membagi ilmunya dan saling berbagi,” ucapnya.

Kesedihan turut dirasakan wartawan senior Putra Ginting. “Semoga bro Hendra mendapat tempat terbaik di Sorga, selamat jalan kawan,” kata eks jurnalis Harian Rakyat Merdeka itu.

Sebelum dikabarkan wafat, Hendra Usmaya hampir dua pekan menjalani perawatan intensif di RSUD Tarakan. Dalam perkembangan perawatannya, ia sempat dikabarkan mengalami kondisi yang semakin membaik.

Baca Juga  Babinsa Koramil 02/TB Monitoring Kedatangan WNA Di Hote Mercure Batavia

“Hari ini tertawa, besok sedih. Begitu pun sebaliknya. Ya begitulah namanya juga kehidupan. Puji syukur, setelah mengalami masa-masa kritis dengan pernapasan bantuan (ventilator) sahabat saya Hendra Usmaya akhirnya telah dipindah dari instalasi gawat darurat selama 12 hari ke ruang perawatan RSUD Tarakan akibat Covid-19. Semoga cepat sembuh sobat,”  kata sahabat almarhum yang juga Pemimpin Redaksi meganews.id, Ferry Edyanto, beberapa waktu lalu.

Namun, kehendak Yang Kuasa berkata lain. Kondisi kesehatannya dinformasikan kembali memburuk. “Sekilas info: baru saja menerima informasi terbaru dan terkini bahwa Pemimpin Redaksi kita Pak Hendra Usmaya pada hari ini ngedrop kembali dan muntah darah. Mari kawan-kawan kita doakan untuk Pak Hendra agar dapat diberikan kekuatan dan kesehatan kembali. Semoga ada pertolongan muzizat dari Allah SWT diangkat penyakit dan disembuhkan kembali. Amin YRA, Bismillah Alfatihah,” pungkas wartawan senior amunisinews.co.id, Ulis J.Putnarubun, Minggu (25/7/2021) pagi.

Diketahui semasa hidup. Hendra Usmaya merupakan wartawan yang banyak menjalankan tugas jurnalistiknya di lingkungan kepolisian khususnya Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

Pemegang Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama ini juga aktif dalam organsiasi pers. Pria yang sehari-hari menjadi pemimpin redaksi amunisinews.co.id dan deteksionline.com ini  juga menduduki jabatan Ketua Seksi Wartawan Unit Polri, PWI Jaya untuk masa bakti 2019-2024.

Ia juga kerap membagikan ilmunya kepada berbagai kalangan dalam bentuk pelatihan, seminar maupun diskusi tentang jurnalistik.

Kini, tak ada yang bisa kami sapa penuh canda tawa dengan panggilan ‘KH’ atau ‘Kang Hendra’ sembari  menyeruput kopi di Pojok Semanggi, lagi. Tempat kita menjalin persahabatan panjang yang abadi hingga waktu dan kehendak-Nya yang kelak akan mempertemukan kita kembali, sahabat. Kiranya, khusnul khatimah. Surga menantimu, sahabat.***

 

Baca Juga  Masyarakat Indonesia di Osaka Jepang Dukung Prabowo - Gibran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *