Ini Penjelasan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Cab.Malang di Acara Gerakan Penanaman Pohon 2020 Guna Memperingati HMPI

[Foto Bersama saat acara gerakan penanaman pohon 2020 dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI),Ist]

Jakarta,Info’Pers– Penanaman pohon sebagai aksi nyata rehabilitasi hutan dan lahan memang tidak ada henti-hentinya untuk dengungkan. Penjelasan inilah yang disampaikan oleh Sapto Yuwono selaku Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang, dalam kata sambutannya saat acara gerakan penanaman pohon 2020 dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di wisata edukasi Damar Water Park desa Umbuldamar, Blitar, Jawatimur(25/11/2020)

“Kami sangat bersyukur akhir-akhir ini banyak melihat perkembangan baik generasi muda maupun generasi lanjut
yang menjadikan aksi penanaman pohon sebagai trending dan gaya hidup kekinian,” ujarnya.

Lanjutnya lagi mengatakan bahwa, mereka mulai melakukan berbagai aksi tanam pohon sebagai wujud kepeduliannya terhadap lingkungan, yang tentunya berimbang dengan aksi foto diri(selfi) sebagai aktualisasi diri.

Hal ini secara tidak langsung menjadi bagian aksi kampanye peduli lingkungan yang memang perlu kita galakkan dan arahkan agar aksi-aksi tersebut tetap memperhatikan kaidah dan makna utama dalam melakukan penanaman pohon.

“Menanam pohon saat ini bagaikan sebuah kebutuhan masyarakat atau petani telah sadar dan merasakan nilai ekonomis sebuah pohon baik dari sisi kayunya maupun hasil buah dan lainnya.
Belum lagi ketidakjelasan musim yang mengakibatkan kebutuhan akan air dan adanya bencana alam, mulai menyadarkan akan manfaat ekologi dari pohon,” katanya lagi.

Seperti di Desa Umbuldamar, pemerintah desa dan masyarakat telah memiliki rencana pengembangan desa menjadi sentra-sentra buah untuk mendukung pengembangan wisata desa. Dengan harapan akan meningkatkan pergerakan ekonomi di desa yang secara otomatis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Rencana, impian atau apapun yang disertai aksi nyata Insyaallah tidak akan mengkhianati hasil nantinya, Hadirin yang berbahagia, memperhatikan pentingnya upaya nyata dalam menangani masalah degradasi hutan dan lahan serta perbaikan mutu lingkungan, serta pertimbangan perlunya meningkatkan peran masyarakat, maka diperlukan dukungan motivasi dengan langkah-langkah konkrit sebagai bentuk insentif atau pengungkit bangun nya semangat dan gotong royong masyarakat dalam pengelolaan hutan dan lahan,” paparnya.

Baca Juga  Ustadz Ari Monas Meyakini dengan Berkibarnya Bendera di Tugu Monas Adalah sebuah Tanda Simbol Kemenangan untuk Ganjar dan Mahfud Md

Tambahnya lagi, oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan segala batasan di tengah wabah covid-19 yang masih meresahkan kita bersama-sama dengan berbagai sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing pihak tetap berkomitmen dan menunjukkan wujud nyata berupa aksi menanam pohon sebagai seruan kepada berbagai pihak untuk turut peduli dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan serta menjaga kualitas lingkungan.

Melalui aksi bersama ini, diharapkan dapat tergapai manfaat diantaranya:

1.Sebagai bentuk dorongan dan percepatan dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan sesuai kapasitas masing-masing pihak.
2.Membantu pengembangan usaha wisata edukasi yang berwawasan lingkungan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, khususnya umbuldamar.
3.Mewujudkan komunikasi atau hubungan yang lebih harmonis dan saling menguntungkan antara para pihak dan masyarakat.

Tak luput Ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait baik dari pemerintahan, BUMN, swasta dan masyarakat, yang telah secara nyata mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan gerakan ini, demi peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Seperti yang dilansir juga dari rilis cabang dinas kehutanan Malang, berikut nama-nama peserta yang dikumandangkan dalam acara gerakan penanaman pohon 2020 dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di wisata edukasi Damar Water Park desa Umbuldamar, Blitar.

1. Kepala BPDASHL Brantas Sampean/ yang mewakili;
2. Kepala Upt Tahura R. Soerjo/ yang mewakili;
3. Adm/Kkph Blitar/ yang mewakili;
4. Adm/Kkph Malang/ yang mewakili;
5. Bapak Camat Binangun;
6. Komandan Koramil Binangun/ yang mewakili;
7. Kepala Polsek Binangun/ yang mewakili;
8. Kepala Puskesmas Binangun/ yang mewakili;
9. Bapak Kepala Desa Umbuldamar;
10. Bapak/Ibu Pimpinan Lembaga Lingkup Desa Umbuldamar/ yang mewakili;
11. Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan Mitra CDK;
a. PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) Pasuruan
b. PT Anugerah Albasia Abadi (AAA)
c. PT Wijaya Cahaya Timber (WCT)
d. PT Sumber Abadi Bersama(SAB)
e. Legal Asosiasi Malang Raya
f. PT Tri Tunggal Laksana (TTL)
g. PT Ekamas Fortuna
h. Asosiasi Pedagang Kayu Blitar
i. PT Greenfields Indonesia
j. CV Megatek Karya Unggul
k. CV Diato Wood Sejahtera
12. Ketua KTH Berseri Desa Binangun
Serta Bapak/Ibu Perwakilan Kelompok Tani dan Masyarakat Desa Umbuldamar yang berbahagia.

Baca Juga  Ardy Mbalembout Tokoh Politik Partai Demokrat Turut Menganalisa PIALA DUNIA 2022

Red;Bar/ dilansir dari rilis CDK Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *