Dahlan Dukung Upaya Gubernur Maluku untuk Upayakan Dana Alokasi Umum Guna Pengelolaan SDA

INFO’PERS

Maluku|www.infopers.com– Dahlan Watilehu tokoh Muda Maluku mendukung penuh upaya Gubernur Maluku, Murad Ismail untuk memperjuangkan peningkatan APBD Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi Maluku, sebab selama ini anggaran untuk mengelola di Prov.Maluku dianggap masih minim tidak sebanding dengan luas daratan dan lautan yang memiliki segudang potensi alam.

“Saya mendukung pak Murad terutama pada sektor penganggaran (APBD/DAU) dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Maluku,” kata Dahlan Watilehu saat dihubungi, jumat(17/09/2021)

Menurut sang pengamat politik tersebut, bila dilihat dari sisi anggaran penghitungan DAU yang akan menjadi total APBD Maluku.
“Pempus selama ini hanya menghitung dari luas daratan dan tidak dengan luas lautan. Padahal, untuk Maluku sendiri, luas lautnya bahkan sudah mencapai 92 persen dari jumlah luas seluruh wilayah Provinsi Maluku, tentu, jika cara hitungnya hanya darat, maka ini merupakan bentuk ketidakadilan, untuk itu amat perlu stimulus ekonomi,” ujarnya lagi mengatakan.

“Saya menilai dan merasakan ketidakadilan itu. Makanya saya pikir, perjuangan pak Murad harus di apresiasi dan didukung penuh oleh masyarakat Maluku, karena dari sisi manfaatnya akan juga dirasakan oleh orang banyak,” paparnya

Sementara itu, lanjutnya lagi menjelaskan, bila diperhatikan pada sektor pemanfaatan SDA untuk kepentingan PAD Maluku sendiri, bahkan hal ini juga harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat. “Buktinya PI 10% dalam pengelolaan Blok Masela belum menunjukan kepastian sampai hari ini,” ungkapnya.

Sambungnya lagi mengatakan, belum lagi di bidang potensi pertambangan yang belum digarap oleh investor melalui pemerintah pusat. Padahal jika potensi SDA Maluku di eksploitasi dengan baik maka PAD Maluku akan meningkat tajam lebih dari 10 kali lipat APBD Maluku hari ini.

Baca Juga  Sebagai Bentuk Kepedulian Sebanyak 8 Tandu Dibagikan Ketua AMPG Jakbar kepada Warga Rusun Pesakih Cengkareng

Dia pun berharap agar perihal tersebut jika dimanfaatkan untuk pembangunan resource/SDM maupun pembangunan infrastruktur, maka Maluku bisa disetarakan pembangunannya dengan Provinsi lainnya di Indonesia.

Bahkan dijamin akan menjadi provinsi terkaya di Indonesia dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya, sehingga tentunya akan membawa dampak positif yang luar biasa pada indeks pembangunan manusia, maupun pengurangan angka pengangguran dan penurunan angka kemiskinan, yang sudah tentu berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Tentunya saat ini masyarakat menaruh harapan yang besar di pundak Gubernur Murad, terutama dalam memperjuangkan keadilan yang akan berimplikasi kepada kemajuan daerah.

“Sehingga kami mendukung penuh serta mengawal tanpa henti langkah-langkah yang akan dan telah dilakukan oleh Pak Murad Ismail hari ini demi kemajuan daerah dimasa kini dan akan datang,” tegasnya.

Tentunya dalam hal ini perjuangan tersebut membutuhkan energi dan waktu yang tidak sedikit. Minimal langkah kongkrit dan kritis yang telah dilakukan oleh Gubernur Maluku dalam membangun relasi dengan pemerintah pusat, telah menunjukan trend positif dari sisi penganggaran maupun investasi.

Sehingga meniscayakan dukungan masyarakat Maluku terhadap kepemimpinan Murad dalam mewujudkan ekspektasi publik Maluku.(**)

(Bar.S/Foto:Dahlan Watilehu, Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *