Apresiasi Kesuksesan Indonesia Gelar KTT G20, Berikut Penjelasan Ketua FORKAMRI 

Foto : Albert Hama Ketua FORKAMRI, Ist

INFO’PERS

[ Foto : Istimewa ]

Jakarta,www.infopers.com- Pemerintah dinilai berhasil menjalankan Presidensi G20 Indonesia sepanjang 2022. Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berhasil melahirkan Bali Declaration. Hal ini di apresiasi Albert Hama Ketua Umum Forum Cendekiawan Melanesia Republik Indonesia (FORKAMRI)dan juga Ketua Bidang Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Infonesia (DPP PA GMNI) serta tokoh muda dari Indonesia timur.

“Dalam penyelenggaraan, sampai saat ini sudah sukses. Karena sudah berjalan dan ada beberapa pertemuan seperti working grup, bilateral, dan pertemuan lainnya. Dari segi ini sudah berhasil,” kata Albert Hama saat di Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Menurut nya, menjadi tuan rumah untuk KTT G20 di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina bukan sesuatu yang mudah. Ketika 17 dari 20 kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 hadir di konferensi, hal itu merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.

“Indonesia bisa meyakinkan negara-negara G20 untuk hadir di Bali,” pungkasnya.

Poin keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, lanjut Albert, juga datang dari ungkapan apresiasi sejumlah pemimpin negara, salah satunya Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

“Ada pernyataan terima kasih dan hormat atas kepemimpinan Indonesia selama satu tahun ini, karena komitmen pada upaya perbaikan ekonomi, kesehatan, dan perubahan iklim global,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, dengan keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20, Indonesia akan disegani di mata internasional.

Para negara anggota G20 dan dunia memperhitungkan Indonesia, karena memiliki potensi sebagai kekuatan penengah.

“Konsensus-konsensus yang dihasilkan dalam forum di G20 mewarnai tata kelola ekonomi global dan tata kerja yang konkret untuk isu kesehatan, perubahan iklim, dan ekonomi digital. Ini harus terimplementasi nantinya, termasuk di tingkat nasional,” ujar Albert.

Baca Juga  Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kota Bekasi Tahun 2025

Ditambahkan nya lagi menjelaskan, peran media juga sangat penting untuk mengangkat dan menyiarkan tentang G20 dengan semua keberhasilannya.(***)

INFO’PERS/Redaksi Media

(Tonga/Foto : Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *